Friday, November 18, 2016

Anjing Asli Indonesia. Ajag Yang melagenda



Anjing Ajag
Selamat Malam Buddies,
Bagaimana Kabar Anda Dan Anjing Kesayangan Anda.?? Aman Aman Kah? saya berharap anda dan Anjing anda dalam keadaaan Sehat yaaaa.
Malam ini, saya ingin berbagi kepada anda tentang anjing juga, hehehe.   Yaaa, sesuai dengan judul diatas,  yaitu, "Anjing asli indonesia, Ajag yang Melagenda"  karena lucu aja menurut saya, kita membahas tentang anjing-anjing tapi tidak tau anjing asli negara kita sendiri.   Ibarat kita tinggal di suatu tempat tetapi kita tidak tau dimana. hehe. yang intinya sih I LOVE INDONESIA.

Okeehh, Jadi ini dia Anjing Asli Indonesia, namanya AJAG, kalau dalam bahasa ilmiahnya ( Cuon Alpinus).  Si Ajag ini sebenarnya adalah anjing hutan yang katanya banyak tersebar di Dataran Asia. kebanyakan orang salah dalam melihat si Ajag ini, dikiranya Serigala ( canias Lupus), emang sih,  mereka kelihatan kembar, tapi sebenarnya beda ya guys,  Si AJAG ini adalah asli anjing hutan Indonesia, yang kebanyakan tersebar di di Sumatera dan Jawa.Si Ajag ini katanya udah terancam punah guys, Hadduh kasihan yaa. Menurut IUCN,  si Ajag  ini udah dinyatakan dalam situasi endangered (Terancam Punah).

Si Ajag ini mempunyai banyak nama guys, keren yaahhh. kalau orang bule bilang Ajag ini adalah "dhole", India Wild Dog" dan " Red Dog" kalau di orang Batak namanya " Baliang Harangan" , di Negeri Jiran sana Si Ajag ini dipanggil  Anjing Hutan , Kalo di Jawa " Asu Kikik".


Ciri-ciri dan Perilaku Si Ajag.

Si Ajag  ini katanya mempunyai berat sekitar  11- 20 Kg, dengan  panjang tubuhnya bisa mencapai 90 cm, kalau tinggginya sekitar 50 cm.    Dan panjang sekitar 50-60 Cm.  Si Ajag ini memiliki bulu yang berwarna coklat kemerah merahan, kecuali di bawah dagunya.   dari leher ke perutnya sering berwarna putih, dan ekornya berwana hitam.   Udah bisa dibayangkan belum?? 
Sumber. www. Pixabay.com


Si Anjing Hutan Ajag  ini lebih suka hidup bersama atau berkelompok, biasanya sih antara 5- 12 ekor, dan bahkan tidak jarang sampai 30 ekor.  Tapi pada kondisi  yang tertentu, biasanya anjing jenis ini dapat hidup sendir ( jomblo nih yee).   anjing jenis ini mencari makan dengan cara menyerang mangsanya secara bersama sama, kadang memangsa babi hutan, kijang, rusa, kerbau, tikus, kelinci, dan banyak binatang kecil lainnya, dan seperti  yang anda lihat, si Ajag ini lebih sering memangsa yang lebih besar dari bedan nya. wuih ngeri .

Kalau si Ajag ini melahirkan,  bisa  sampai 6 ekor anak sekali kehamilan.   Dengan lama mengandung sekitar 2-3 bulan gitu.   Nah, dalam waktu setahun bisa  hamil sampai 2 kali.  Yang artinya kalau dibagikan  tiap bulan  bisa 1 ekor, hahahah. kuat uaaa. Anak ajag akan mencapai dewasa pada umur satu tahun. Si Ajag ini lebih sering beraktivitas pada malam hari atau nocturnal, walaupun tidak sepenuhnya malam sih.  Lolongnya akan  terdengar jelas dan keras, bedan dengan   suara salakannya yang  terdengar lembut. 
Sumber. www.pixabay.com

 Tetapi sayangnya ,  Anjing hutan yang namany AJag ini  selalu mengalami penurunan  jumlah dari tahun ke tahun. Dan katanya di Dunia sekarang ( Waktu saya nulis artikel ini) hanya ada sekitar 2.500 ekor. Makanya hewan ini dikaterogikan terancam punah . Huh Sedih nya .  Penyebabnya tentu saja kita tahu, karena diburulah, karena hutan dibabat lah. yaaa intinya sih salah kita juga sebagai manusia. :(.   Makanya ,  aku ngajak kamu untuk  jaga kelestaran hutan kita, jaga alam kita, ntar anak cucu kita lihat apa??.

ini aku kasih video tentang si Ajag ini, aku ambil dari situs berbagi video Youtube.   Jaga terus alam kita yaaa. Salam 




No comments:

Post a Comment

Anjing Asli Indonesia. Ajag Yang melagenda

Anjing Ajag Selamat Malam Buddies, Bagaimana Kabar Anda Dan Anjing Kesayangan Anda.?? Aman Aman Kah? saya berharap anda dan Anjing an...